Selasa, 23 Oktober 2012

Ciyus miapah?

Ciyus , Miapah dan Enelan bisa dikatakan sedang menjadi trend pada saat ini. Tak jarang kita menemui kata – kata seperti ini di stasus orang di jejaring social seperti facebook dan twitter. Bahasa pergaulan ini entah mengapa bisa menjadi trend di Indonesia. Bahkan ada yang terang – terangan benar – benar benci dengan bahasa pergaulan ini. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sedang marak – maraknya tentang alay. Apa itu alay ? Alay bisa dikatakan gaya yang berlebihan. Dan otomatis dikarenakan maraknya Alay di Indonesia, entah darimana pula munculnya bahasa alay. 

Ciyus , Miapah dan Enelan yang sering keluar di status – status yang dibuat para anak muda di jejaring social ini merupakan contoh dari bahasa alay. Sebelum Ciyus , Miapah dan Enelan ngetrend pada saat ini , sebelumnya telah sempat trend juga menulis kata yang mencampur antara huruf , angka dan tanda baca yang tidak ketinggalan untuk bergabung seperti contoh nya : M3t_pgy 4££. . . .m3t b'r4kt!vT4$ bgì xg krja & sk£h . Bagi yang terbiasa sih mungkin bukan masalah, namun bagi yang tidak terbiasa malah pusing dalam membaca itu tulisan. Haha. 

Dengan model tulisan campuran antara huruf dan angka ditambah tanda baca yang belum benar hilang didunia anak muda yang merasa paling gaul ini, sekarang timbul lagi trend baru yaitu Ciyus , Miapah dan Enelan. Benar – benar entah darimana ini bahasa dapat timbul. Ada yang bilang berasal dari fitri tropika , dikarenakan beliau merupakan comedian pertama yang menggunakan logat seperti balita sebagai candaan dan celotehannya. Ya memang sih , mungkin ada yang bilang kalo bahasa alay ini kesannya imut dan lucu. Tapi yang tidak paham bahasa ini bakalan mengalami kebingungan yang lumayan bingung. Bukannya menjawab pertanyaan si alay yang menggunakan bahasa alay , namun malah hanya bengong aja sambil mikir dalam hari, ni mahluk ngomong apaan ya. Hahaha. 

Berikut ini merupakan beberapa contoh dan arti dari bahasa alay :
Akooh : Aku 
Amaca : Ah masak? 
Angenamu : Kangen kamu 
Binun : Bingung 
Ca oong cih : Masa bohong sih? 
Cemungudh : Semangat 
Ciyus : Seriuss 
Cungguh : Sungguh 
Daboweh : Tidak boleh
Enelan : Beneran ?
Gudnyus : Good news 
Kiyim : Kirim 
Lahacia: Rahasia 
Maacih : Terima kasih 
Macama : Sama-sama 
Macapah : Sama siapa? 
Masya : Masak 
Miapah : Demi apa? 
Qmuh : Kamu 

Miapah selain berarti demi apa juga kadang bisa juga mempunyai arti seperti sumpe lo? yang sudah duluan ngetrend. Tak ketinggalan Nyoos yang dipakai untuk menyebutkan sesuatu yang dinilai cool, nyus, hebat dan sejenisnya. 

Yah bisa dikatakan bahasa alay yang seperti Ciyus , Miapah dan Enelan ini seperti kalo anak balita baru sedang memulai fase untuk bisa bicara. Jadi ya cara bicara seolah – olah kalo cadel seperti cungguh pucing ih, maca ih dan sejenisnya. Demikianlah sedikit penjelasan dan beberapa contoh kata yang diambil dari kamus bahasa alay. Cmoga qmuh ud4H ga binun ya. Xixixixi.

Jadi pada kesimpulannya arti ciyus bisa dijelaskan dengan kata lain , serius ?? Arti enelan adalah beneran atau bisa juga sumpe lo ? Arti miapah adalah demi apa ? yah , cemua telgantung calimatnya ya k4ks. cmoga qmuh cemungudh eaa . m3t b'r4kt!vT4$ , c4L@m cuKce$ eaa.. >,<

Kunjungi juga : Batu mulia termurah didunia

6 komentar:

  1. info yang bermanfaat bagi para alay :)

    BalasHapus
  2. sebenarnya memusingkan bhs alay iniiiiiii

    BalasHapus
  3. hhaha emang bener sih alay, paling BT kalau pcar udah ngomong kayak gitu.

    BalasHapus
  4. Tp kalau buat PDKT scra malu2 cucok jg tuh hahaha

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya