Space iklan

Jumat, 05 Oktober 2012

Interview dengan Penipu Online


Asikkkkk dapet bahan nulis gratis nih...hehehhe
Ceritanya orang ini adalah teman akun facebook saya yang khusus buat jualan online.
Kuat dugaan akun ini adalah akun orang yang diretas. Yang jelas bisa saya pastikan orang ini chat menggunakan BB, Pemilik asli akun tersebut kemungkinan besar berprofesi sebagai seorang Dosen. Setelah saya telusuri secara detil, akun ini telah di hack orang diatas tanggal 26 Mei 2012.

Begini cerita selengkapnya :
Suatu ketika, disiang bolong yang fanah, kepala lagi pusing ngeliat script HTML yang ngejelimet saat lagi ngebangun website baru, tiba-tiba ada suara "kelenting" yang artinya ada PM dari seseorang di Fb gw, setelah tak dicek ternyata ada akun bernama M****i A******n yang memulai chat dengan iklan seperti ini 

M*****i A*****n : dapatkan kenyamanan dan keamanan berbelanja bersama kami,,. menjual berbagai macam peralatan elektronik,. diskon 20% untuk setiap pembelian info call /sms 0823 6807 7797

Lalu jiwa intelijen sekaligus jiwa usilku muncul, hehehhe...langsung aja menuju ke TKP facebook beliau dan Jeng...Jenggggg.....akunnya sangat sederhana, gak ada Informasi lengkap tentang pembelian serta Alamat yang jelas, kira-kira seperti inilah penampakan Akun Facebooknya :


* Klik untuk memperbesar, jelas sekalikan bahwa nama Fbnya berbeda dgn emailnya?

Lalu timbul niat iseng sekaligus rasa ingin tahu yang lebih mendalam tentang orang ini, karena dibenakku udah langsung menjudge bahwa dia adalah seorang PENIPU.

Lalu saya lanjutkan pembicaraan melalui Chat dengan orang ini, simak baik-baik pembicaraan saya dibawah ini lalu simpulkan sendiri oleh anda :

Me : toko online neh bro 
M*****i A*****n : iya gan,,.
Me : di palembangkah? 
M*****i A*****n : buuuukan mas,,. kami di kota duri kep riau,,. 
Me : ohhh dimananya? 
M*****i A*****n : jl belimbink no 34 pas depan pertamina sudirman 
Me : ohhhh...sodaraku ada disana, aku suka sama kameranya...gak kurang tuh harganya...? 
M*****i A*****n : camera yang tipe apaan nih mas,,. ? 
Me : bentar aku like dulu 
M*****i A*****n : oke 
Me : tuh dah ku like , berapaan tuh? (aku like kamera Nikon D300S body seharga Rp.5.550.000,-)
M*****i A*****n : bisa,,. harga netnya,,. 4,8 jt,,/. kalau anda mau cukup uang muka ajah 50% ntar kalau 1/2 bulan bhisa anda lunasin,,. 
Me : saya cuma ada 700 rb di bank skrg....bisa gak yah om..pengennnn bangettttt 
M*****i A*****n : waduhh maaf gan,,. kalau 1,5 jt kami bisa usahakan,,. karna buat ongkos kirim nya ajah kami yang tanggung,,. anda usahakan ajah dulu,,. 1,5 jt 
Me : gini aja deh om...1 juta gimana? kalo gak mau yah udah, next time aja yah...thanks  
M*****i A*****n : yahh,,. saya bisa,,. tapi ada pegangan ngga' buat saya ? ntar kalau barang nyampe' uang nya ngga' di lunasin lagih ,,. 
Me : cod aja gimana, saya punya keluarga disana, ntar aku kontak dia, suruh dia yg bayar dan sekaligus jadi penjamin saya...
M*****i A*****n : maaf nihh kalau cod ane ngga' bisa,,. karna bisa membahayakan barang kami,,. sbbbarang kami barang bm 
Me : ohhhh..jadi om mau gimana jaminan dari saya bahwa saya akan melunasinya 
M*****i A*****n : gini aja dehh,,. di sinikan intinya saling jaga kepercayaan,,. bisa anda kontak saya lewat handfone 
Me : berapa nomor hp anda? 
M*****i A*****n : 0823 6807 7797 
Me : bentar lagi saya telpon
M*****i A*****n : sip sip,,/
Me : jamin juga gak kalo anda gak nipu
M*****i A*****n : hahaha,,,. oke wajar kalau agan ngomong gitu krna baru pertama kali order barang saya,,.tapi anda bisa lihatkan,,. gimana komentar konsumen saya,,.trus silahkan anda cek info2 yang ada di catatan saya,,.cari ajah online shopo yang punya surat pengesahan badan usaha,reg ardin dll,,.kecuali saya,,./
Me : ada poto resi pengiriman?
M*****i A*****n : iya ada,,. anda lihat di album saya,,.
Me : ok
M*****i A*****n : udah di lihat belum,,.
Me : bentar...tp gak ada yg komen tuh
M*****i A*****n : komen nya kehapus,,.
Me : ohhhh knapa
M*****i A*****n : ada yang chat,,. itu terlalu lebay pak,,
Me : ohhhhhh
M*****i A*****n : jadi gimana,,saya kemas barang anda,,. ?
Me : bentar aku mau cek duit dulu di bank, saya usahain 1,5jt biar om percaya dengan saya

Nah apa yang anda bayangkan setelah menyimak percakapan diatas?
saya rasa hanya orang bodoh saja yang mau jualan online pake uang muka, terus barang dikirim ke pembeli yang entah dimana keberadaan aslinya. 

Bayangkan barang yang awalnya 5juta bisa dibeli dengan harga 1 juta saja, andai saja dia emang ngirim barang trus gw gak lunasin lagi? kalo sehari 10 barang mampu dia jual trus sebulan ada 300 orang yg gw jamin bakal gak mau ngelunasin, apa gak bangkrut tuh pedagang?

Dari inti sari pembicaraan diatas ada beberapa hal yang menurut saya bullsit, berikut daftarnya :
  1. Dalam dunia toko online tidak pernah dikenal DP kecuali teman sendiri
  2. Ketika dia bilang ada komen dari pelanngannya di fb dia, setelah saya cek ternyata sama sekali tidak ada
  3. Tidak ada album bukti resi pengiriman
  4. Gak jelas apa yg dimaksudnya dengan Online shopo yang punya badan usaha dan reg ardin (apa itu reg ardin?), bahkan saya googling pun gak ada website itu.
  5. Kuncinya dia gak mau COD dengan alasan barangnya BM, dia bilang BM aja udah suatu kejahatan apalagi ditambah nipu, trus lembaga mana yg kelewat bodoh mau ngeluarin badan usaha (reg ardin yg ntah apa maksudnya) untuk sebuah pedagang yang jual barang-barang BM?
Yang jelas benang merahnya gini, jika ingin membeli barang secara online, pastikan bahwa pedagang online tersebut mau melakukan COD atau Cash on Delivery yang artinya pedagang mau bertemu langsung dengan pembeli yang satu kota ataupun perwakilan pembeli dikota yang sama dengan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli.

Jangan terkecoh dengan harga yang super murah dengan fasilitas yang mudah, ingat...tidak ada istilah DP didunia toko Online, pastikan pedagang toko online tersebut memiliki rekomendasi orang-orang yang mengenal dia, alamatnya jelas dan yang paling penting punya website dengan domain berbayar, sehingga alamatnya bisa dicocok kan dengan data sewaktu dia mendaftar domain.

Seorang pedagang online haruslah membuka identitas dirinya selebar-lebar mungkin, dengan menautkan beberapa ID digitalnya ke publik dan bukan dengan menyembunyikan alamat jelasnya. Jika ingin lebih mendetil soal tips belanja online, cek aja di http://www.meletekdewek.com/2012/09/toko-online-batu-permata-dan-batu-mulia.html .

Dan terakhir kepada yang merasa akun sosial mediannya telah diretas, segeralah membuat laporan ke Polisi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, perkuatlah keamanan akun digital anda dan jangan sekali-kali menyepelehkan hal ini. 

Kepada Masyarakat yang ingin tahu ID yang saya maksud diatas harap segera PM saya dan segeralah di blokir untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Update : setelah saya telusuri di google asal-usul gambar kamera tersebut, ternyata didownload dari beberapa situs diantaranya : dikaskus, hartonoelektronika, dan dibanyak website lainnya, total ada 30 website yg mengklaim ini adalah barang dagangannya...cckckkckck 

Cara mengecek sumber photo dan gambar di google akan saya posting dilain kesempatan.
_________________________________________________________________________
Update 06 oktober 2012 :___________________________________________________
Pelaku mengeluarkan catetan mengenai profil, Badan hukum dan Poto-poto penghargaan Palsu, berikut gambar-gambarnya :



Poto ini setelah di trace ada juga di profil fb Yudha Cell dan Golden Cell yang juga Penipu

Ini diambil dari http://matanews.com/2009/03/11/wirausaha/ tapi beritanya sudah di delete, disitu ditulis : 11 Mar 2009 – Ketua Hipmi Erwin Aksa (tengah) bersama (kiri-kanan) Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad, Gubernur Sumut Syamsul Arifin , Gubernur ...

Ini diambil dari http://hipmintt.org/album-21-sidang-pleno-i.html baca nama siapa yang tertera disitu


Nah....semua itu hasil dari catatan palsu yang dibuatnya agar pembeli semakin yakin aja, cek aja sendiri disini (kalo linknya masih aktip) :

https://www.facebook.com/note.php?note_id=342208735823914

https://www.facebook.com/note.php?note_id=342210675823720
https://www.facebook.com/note.php?note_id=342222562489198

Screen shotnya :




2 komentar:

  1. hahaha.. lucu ya om.. setelah saya cek foto2 bukti resinya ternyata ada yg tertulis dari yogyakarta dikirim ke jambi isi paketnya sparepart kendaraan... wkwkwkwkwk... pdhl di khan jualan elektronik trus dia ngaku sm om khan di riau... betul2 penipu yg blm profesional... LOL

    BalasHapus
  2. hahahaha...iyaaa....mudah2an postingan ini dapat mengedukasi masyarakat biar gak terkecoh sama penipu2 online...kasihan sama pedagang online yg bener2 cari nafkah

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya